Kamus Istilah MIGAS ( Glossarium ) BAB A

Aldi Indopetro | 7:55 PM | 0 comments







NoIstilah AsingArti/MaknaDeskripsi
1.blank linerselubung polosPipa yang dindingnya tidak berlubang-lubang untuk melapisi dinding formasi.(ep)
2.absolute permeabilitypermeabilitas absolut; ketelusan absolutKemampuan batuan untuk melewatkan satu jenis fluida (air, minyak atau gas) melalui sarangan (pori-pori)(ep)
3.aerosolaerosolPartikel halus benda padat atau cair yang melayang dalam udara atau gas; contohnya, asap uap, atau kabut.
4.allochtonaloktonMassa batuan yang ditemukan di suatu tempat pada jarak tertentu dari tempat asalnya akibat sesar anjak atau longsor.(ep)
5.aluminium oleatealuminium oleatSenyawaan menyerupai sabun hasil reaksi aluminium dan asam oleat yang dimasukkan ke dalam minyak lumas dan gemuk untuk meningkatkan kekentalannya.(apl)
6.automatic transmission fluidfluida transmisi otomatisPelumas dengan indeks viskositas, stabilitas tegangan geser, dan stabilitas oksidasi yang tinggi dengan busa minimal; digunakan untuk aplikasi hidrodinamis di dalam kotak roda gigi hidraulis dan perangkat transmisi otomatis kendaraan dan mesin-mesin.
7.gas exploderpeledak gasBejana berisi campuran gas yang dapat diledakkan untuk membuat gelombang seismik; digunakan dalam operasi seismik kelautan
8.gas liftsembur buatanPengangkatan minyak dengan jalan menginjeksikan gas bertekanan tinggi ke dalam anulus sumur produksi dan mencapurkannya dengan fluida sumur agar laju arus minyak meningkat.(ep)
9.major companyperusahaan (minyak) transnasionalPerusahaan yang pada taraf internasional berperan secara aktif pada semua tahap kegiatan industri migas secara besar-besaran.
10.abandon, tomeninggalkanMenghentikan pengusahaan minyak atau gas dari suatu sumur dengan cara menyumbat formasi, baik yang menghasilkan ataupun yang tidak menghasilkan; peralatan yang dapat dicabut atau dilepas diambil kembali. (ep)
11.abandoned oilminyak ceceranMinyak yang hilang terhambur dari tangki atau instalasi penampungan produksi lapangan dalam batas toleransi. (ep)
12.abandoned wellsumur tinggalSumur yang ditinggalkan untuk selamanya karena berbagai alasan dengan menyumbatnya dengan semen. (lihat juga: abandon, to) (ep)
13.abandonment ratelaju produksi lepasTingkat produksi sumur yang hasil jual produksinya sama dengan biaya operasi langsung; biasanya pada laju tersebut produksi sumur dihentikan. (lihat juga: economic limit)
14.Abel testeralat uji AbelAlat uji baku yang digunakan di laboratorium untuk mengukur titiknyala minyak tanah (kerosin) dan fraksi minyak bumi lainnya yang titik nyalanya kurang dari 120 derajat Fahrenheit. (pros)
15.abiogenic theoryteori a-biogenikTeori pembentukan hidrokarbon yang menyatakan bahwa gas bumi terbentuk dari proses anorganik, misalnya gas metana adalah produk proses termal dari minyak bumi yang terperangkap di bawah permukaan. (lihat juga: biogenic theory) (ep)
16.abiotic theoryteori abiotic(lihat: abiogenic theory) (ep)
17.ablationablasiBerkurangnya ukuran partikel akibat erosi oleh partikel lain atau fluida sekitarnya; dapat juga merujuk pada pengecilan ukuran tetes cairan karena erosi, seperti dalam pemrosesan bubur pasir minyak yangminyak atau bitumennya sangat pekat (pros).
18.abnormal (subsurface) pressuretekanan (bawah permukaan) tidak normalTekanan formasi pada kedalaman tertentu yang lebih tinggi atau lebih rendah dari tekanan normal; gradien tekanan normal adalah 0,465 psi per kaki kedalaman; tekanan normal pada kedalaman 10.000 kaki adalah 4650 psi. (ep)
19.abrasion platformpaparan terkikis; paparan abrasiPermukaan pantai yang terbentuk akibat pengikisan oleh ombak, yang masih tetap berlangsung dan masih berada pada posisi semula, yaitu di sekitas garis pasang-surut. (ep)
20.abrasive drillingpengeboran abrasifPengeboran dengan menggunakan pahat yang dilengkapi dengan mineral atau bahan yang lebih keras daripada batuan yang dibor.
21.absolute ageumur absolutUmur, dinyatakan dalam jumlah tahun, yang mengacu pada kejadian geologi, dan ditentukan berdasarkan pengukuran laju peluruhan radioaktif, rasio isotop, dan pembentukan mineral atau batuan. (ep)
22.absolute alcoholalkohol absolutAlkohol berkadar 100%; umumnya diterapkan pada etil alkohol atau metil alkohol.
23.absolute dateumur mutlakWaktu, dinyatakan dalam tahun yang dihitung dari suatu rujukan dengan sistem yang terpercaya. (ep)
24.absolute pressuretekanan absolutBesaran tekanan yang diukur terhadap vakum total; setara dengan bacaan tekanan pada manometer ditambah tekanan atmosfer.
25.absolute temperaturesuhu absolutsuhu absolut Suhu yang titik nolnya adalah keadaan tanpa kalor dan setara dengan -459,72 0F atau -273,18 0C. Untuk mengubah suhu Fahrenheit atau Celsius ke suhu absolut, ditambahkan 459,72 pada suhu Fahrenheit atau 273,18 pada suhu Celsius.(pros)
26.absolute viscosityviskositas absolutUkuran kekentalan fluida yang menunjukkan gaya yang menggerakkan bidang dasar seluas 1 cm2 dengan kecepatan 1 cm per detik terhadap bidang datar yang sejajar yang dipisahkan oleh lapisan fluida setebal 1 cm; dinyatakan dengan 1 dine detik per cm2 yang juga disebut poise.(pros)
27.absolute zeronol absolutSuhu hipotetis pada keadaan tanpa kalor.(lihat juga: absolute temperature)(pros)
28.absorb, tomenyerap; mengabsorpsimengabsorpsi Memisahkan fraksi berat dan fraksi ringan yang terdapat di dalam campuran hidrokarbon (misalnya minyak bumi, gas bumi, gas kilang) dengan cara memanfaatkan perbedaan daya penetrasi fraksi-fraksi itu di dalam zat penyerap.(pros)
29.absorberkolom penyerap; kolom pengabsorpsiBejana silindris yang fungsinya memisahkan fraksi-fraksi berat dari campuran hidrokarbon yang terutama mengandung fraksi-fraksi ringan, dengan menggunakan prinsip penguapan.(pros)
30.absorptionpenyerapanabsorpsi Proses menyerap suatu zat oleh zat lain. Contohnya spons yang menyerap air, minyak yang menyerap bensin dan gas-bumi basah.(pros)
31.absorption coefficientkoefisien serap; koefisien absorpsi1. Volume gas, diukur pada suhu dan tekanan normal, yang dapat dilarutkan ke dalam satu satuan volume cairan pada tekanan satu atmosfer. 2. Rasio konsentrasi gas dalam fase cair terhadap konsentrasinya dalam fase gas.(pros)
32.absorption gasolinebensin serapanBensin yang dihasilkan dari gas bumi atau gas kilang yang disentuhkan dengan sejenis minyak sehingga bensin larut di dalam minyak tersebut; selanjutnya bensin tersebut diperoleh kembali dengan distilasi.(pros)
33.absorption oilminyak penyerap; minyak pengabsorpsiminyak pengabsorpsi Jenis minyak yang digunakan untuk melarutkan/mengekstraksi bensin dari gas bumi.(pros)
34.absorption plantinstalasi penyerapanPabrik untuk mendapatkan bagian gas bumi atau gas kilang yang mudah diembunkan dengan cara menyerapkannya ke dalam minyak penyerap lalu dipisahkan ke dalam fraksi-fraksi.(pros)
35.absorption process (gasoline)pengolahserapanMetode pemisahan bensin yang terembunkan yang terdapat dalam gas bumi untuk menghasilkan bensin alam.(pros)
36.absorption spectrometerspektrometer serapanpektrometer absorpsi Alat pengukur energi penyinaran yang diserap suatu percontoh dengan cara mengukur trayek spektrum titik demi titik.(pros)
37.absorption towerkolom penyerap; kolom pengabsorpsi(lihat : absorber)(pros)
38.abundance ratiorasio kelimpahanPerbandingan antara banyaknya atom satu jenis isotop dengan jumlah keseluruhan atom di dalam suatu campuran isotop.(gen)
39.abysslubukDaerah hidrosfer yang tak tertembus cahaya matahari, yang kedalamannya dapat mencapai 2000 meter atau lebih di lautan dan 300 meter atau lebih di danau.(ep)
40.abyssalabisalLingkungan pengendapan laut dengan kedalaman batimetri antara 3000 dan 6000 meter; ditentukan berdasarkan foraminifera bentonik penciri. Lingkungan pengendapan laut dengan kedalaman batimetri antara 3000 dan 6000 meter; ditentukan berdasarkan foraminifera bentonik penciri.
41.abyssal plains (marine)dataran abisal; dataran lubukdataran lubuk Bagian dasar samudra yang datar dengan gradien kurang dari 1 m / 1 km dan kedalaman antara 3000 dan 6000 meter, umumnya ditempati oleh sedimen tidak padat.(ep)
42.acceleratorakselerator1. Zat yang mempercepat reaksi, biasanya dengan berfungsi sebagai katalis, seperti belerang dalam vulkanisasi karet. 2. Perlengkapan kendaraan bermotor untuk meningkatkan kecepatan sesuai dengan keinginan pengemudi; salah satu contoh ialah katup pengatur campuran bahan bakar/udara yang di dalam mobil digerakkan dengan pedal.(pros)
43.accelerator jetjet akseleratorInjektor untuk menyemprotkan bensin ke dalam udara di dalam karborator kendaraan bermotor guna meningkatkan daya secara cepat.(gen)
44.acceptance testuji kelulusanPengujian minyak lumas yang harus dilalui dengan berhasil baik, agar dapat memenuhi persyaratan spesifikasi militer AS.(apl)
45.accretionakresi; onggokanPembentukan daratan secara bertahap dalam kurun waktu yang lama karena pengendapan sedimen oleh air dan/atau angin di pantai, alur sungai atau medan gumuk.(ep)
46.accretionary limestonebatu gamping onggokanBatu gamping yang terbentuk akibat penumpukan sisa-sisa organisme, seperti koral atau kulit kerang secara perlahan-lahan.(ep)
47.accretonary basincekungan akresiCekungan yang terbentuk di sepanjang zona penunjaman sebagai akibat akumulasi sediment dan deformasi lapisan batuan karena pergeseran zona kearah lempeng benua.
48.accumulatoakumulatorBejana atau tangki penerima dan penyimpan sementara suatu cairan yang dipakai dalam suatu proses yang bersinambung di suatu pabrik; misalnya, minyak serap dapat disimpan dalam bejana ini sebelum dimasukkan kembali ke dalam kolom penyerap; di unit pengeboran, bejana itu menyimpan cairan hidraulik dengan gas tekan nitrogen atau udara guna menutup pencegah semburan liar dalam keadaan darurat.
49.accumulatorakumulatorBejana atau tangki penerima dan penyimpan sementara suatu cairan yang dipakai dalam suatu proses yang bersinambung di suatu pabrik; misalnya, minyak serap dapat disimpan dalam bejana ini sebelum dimasukkan kembali ke dalam kolom penyerap; di unit pengeboran, bejana itu menyimpan cairan hidraulik dengan gas tekan nitrogen atau udara guna menutup pencegah semburan liar dalam keadaan darurat.(ep)
50.acetone-benzol processproses aseton-benzolProses pengawalilinan dengan menggunakan aseton dan benzol sebagai pelarut.(pros)
51.acid claylempung asamLempung yang diaktifkan dengan asam dan dipergunakan terutama sebagai pengawawarna atau bahan pembersih, dan kadang-kadang sebagai pengabelerang, penggumpal atau katalis.(pros)
52.acid depositionhujan asam(lihat: acid rain)
53.acid fracturingperetakasamanProses membuka dan memperbesar retakan di dalam formasi karbonat produktif dengan menggunakan minyak dan disusul dengan asam pada tekanan tinggi.(ep)
54.acid gas removalpenyingkiran gas asamPembersihan gas dari gas-gas yang bersifat asam seperti sulfur dioksida dan karbon dioksida.
55.acid heatuji-panas asam(lihat : acid heat test)
56.acid heat testuji- panas asamPengujian produk minyak bumi dengan jalan mengukur kenaikan suhu sebagai akibat ditambahkannya asam sulfat ke dalam minyak bumi itu dalam kondisi yang terkendali.(pros)
57.acid numberangka asamBesaran yang menunjukkan tingkat keasaman organik dari produk minyak; biasanya dinyatakan dalam mg KOH/g. (pros)
58.acid rainhujan asamHujan yang bersifat korosif yang timbul akibat uap air di atrmosfer tercampur dengan oksida-oksida seperti oksida belerang (SO2) dan oksida nitrogen (NO) yang berasal dari gas limbah industri.
59.acid rockbatuan asamBatuan beku yang mengandung kadar silika yang tinggi; dibedakan dari batuan basa, karena mengandung lebih dari 60 persen silikon dioksida.(ep)
60.acid sitesinti asamBagian katalis yang bersifat asam, yang dapat bereaksi dengan basa seperti amonia atau piridina, dan berperan aktif dalam melancarkan reaksi kimia.(pros)
61.acid sludgelumpur - minyak asamZat kental hitam dan yang mengandung sisa asam dan kotoran; merupakan endapan (sisa) yang tertinggal setelah proses pemurnian minyak dengan asam sulfat untuk membuang kotoran minyak.(pros)
62.acid treatingpembasuhasamanProses membasuh hasil minyak seperti bensin, nafta, minyak tanah, minyak bakar, minyak diesel dan minyak lumas, dengan asam sulfat untuk memperbaiki warna dan baunya.(pros)
63.acid valuenilai asamBilangan yang menunjukkan banyaknya asam lemak yang belum menjadi ester di dalam percontoh lemak atau minyak lemak sebagaimana ditentukan dengan cara titrasi.(pros)
64.aciditykeasamanBanyaknya asam bebas yang terdapat di dalam suatu bahan.(pros)
65.acidizingpengasamanProses memasukkan asam ke dalam formasi gampingan yang mengandung migas untuk memperbaiki permeabilitas agar memudahkan pengaliran migas ke dalam lubang sumur.(ep)
66.acoustic logrekaman akustikRekaman perubahan kecepatan akustik terhadap kedalaman sumur.(ep)
67.acoustic surveyperekaman akustik(lihat: sonic logging)(ep)
68.acoustic transpondertransponder akustikpancarima akustik Alat untuk memandu unit pengeboran agar bergeser ke posisi yang tepat; terdiri atas pemancar-penerima yang memancarkan sinyal bunyi dengan frekuensi tertentu bila menerima sinyal pemicu yang tepat.(ep)
69.acoustical materialsmaterial akustikBahan yang karena sifat akustiknya digunakan sebagai alat bantu pendengaran atau peredam suara/kebisingan.
70.acrylic fibersserat akrilikKelompok serat sintetik yang dihasilkan oleh reaksi akrilonitril dengan senyawa kimia lain; mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan serat alam; banyak digunakan dalam pertekstilan.(pros)
71.activated carbonkarbon aktifkarbon amorf berbentuk serbuk, butiran, atau pelet yang berpori sangat banyak, sehingga luas permukaannya sangat besar untuk setiap satuan volume.(pros)
72.activated sludgelumpur aktifLumpur yang dihasilkan dari instalasi pengolahan air limbah (IPAL), mengandung bakteria dan mikroorganisme lain; digunakan terutama dalam pengolahan lanjut air limbah, yaitu untuk mengoksidasi bahan oganik yang terlarut
73.activated sludge processproses lumpur aktif; bioproses kerak taProses perlakuan terhadap lumpur yang berasal dari endapan dasar tangki minyak atau sumber lain dengan mikroba yang memanfaatkan zat organik dalam lumpur sebagai nutrisi dan mengubahnya menjadi karbon dioksida, air, sel organik, dan energi.
74.activation energyenergi aktivasiEnergi yang diperlukan untuk memulai berlangsungnya reaksi molekul.(pros)
75.active matrixmatriks aktifBahan dasar yang berperan aktif sebagai katalis. (lihat juga: active site)(pros)
76.active siteinti aktifLokasi pada permukaan katalis tempat reaksi berlangsung. (lihat juga: acid sites)
77.acute ecotoxicityekotoksisitas akutKecenderungan bahan uji untuk menimbulkan dampak buruk secara biokimia, fisiologi ataupun terhadap perilaku makhluk hidup selain manusia dalam waktu yang singkat dibandingkan dengan rentang hidupnya.
78.additiveaditifZat atau senyawaan yang ditambahkan dalam jumlah kecil ke dalam zat lain untuk mengubah beberapa karakteristik zat lain tersebut supaya memiliki sifat-sifat yang diinginkan; pada industri minyak, digunakan antara lain untuk minyak lumas, bahan bakar minyak, produk petrokimia, lumpur pengeboran, bahan penyemenan, dan bahan pengasaman.
79.additive levelkadar aditifPersentase keseluruhan aditif yang terkandung di dalam suatu bahan (lihat juga: additive)
80.additive propertysifat bertambahanSifat kimia atau fisika suatu campuran yang dapat dihitung dari rata-rata aritmetik sifat tiap komponen campuran atas dasar massa atau volume.(pros)
81.adherencepelekatanKontak yang tidak terhalang (misal oleh pelumas) antara dua permukaan benda padat yang mengalami gerak relatif terhadap satu. (apl)
82.adhesionadhesiGaya tarik menarik antara dua permukaan yang bersinggungan.(apl)
83.adhesion coefficienkoefisien adhesi(lihat: coeffision of adhesion)
84.adhesion, mechanicaladhesi mekanisAdhesi yang dihasilkan hanya oleh ketidakrataan dua permukaan yang bersinggungan.(apl)
85.adhesional wettingpembahasan adhesiJenis proses pembasahan yang berlangsung apabila suatu permukaan (biasanya padatan), yang sebelumnya bersentuhan dengan gas, menjadi basah oleh cairan; kadang-kadang digunakan untuk menguraikan pembasahan yang meliputi pembentukan suatu ikatan adhesi antara cairan dan fase yang dibasahinya. (lihat juga: wetting)
86.adhesive forcegaya adhesi(lihat: adhesion)
87.adhesive wearaus adhesifKerusakan permukaan akibat perpindahan material antara dua permukaan yang mengalami gerakan relatif; disebabkan oleh proses pengelasan fase padat.(apl)
88.adiabatic lapse rategradien temperatur adiabatikLaju perubahan temperatur terhadap ketinggian di atmosfer pada kondisi adiabatik.
89.adiabatic processproses adiabatisProses perubahan keadaan termodinamis suatu sistem tanpa perpindahan panas atau massa melalui bidang batas antara sistem dan lingkungan.
90.ADO(minyak) solar(lihat: automotive diesel oil)
91.adsorptionadsorpsi; penjerapanPenempelan molekul gas atau zat yang terlarut pada permukaan benda Padat yang menyebabkan terjadinya konsentrasi gas atau larutan yang relatif tinggi pada daerah kontak.
92.aerationaerasiPencampuran udara atau gas lain ke dalam lumpur pengeboran untuk mengurangi tekanan hidrostatik lumpur.(ep)
93.aeration tanktangki aerasiTangki tempat menginjeksikan udara ke dalam air.
94.AFE
(lihat: authorization for expenditure)
95.after-burnerpembakar susulanAlat pembakar gas buang dari proses pembakaran, untuk membersihkan gas buang dari hasil pembakaran yang tidak sempurna seperti partikel karbon, karbon monoksida, hidrokarbon.(apl)
96.afterburningpembakaran susulPembakaran karbon monoksida atau pembakaran partikel kokas yang terbawa arus, atau keduanya, di dalam regenerator katalik.(pros)
97.ageumur; zaman (geologi)Suatu jangka waktu sejarah bumi yang dicirikan oleh bentuk kehidupan yang penting atau dominan, atau kejadian tertentu, misalnya zaman ikan, zaman mamalia,zaman es; dapat juga mengacu ke posisi dalam skala waktu geologi yang dinyatakan dalam tahun.(ep)
98.age datingpenentuan umurMenetapkan umur absolut batuan secara radiometrik. (lihat juga: absolute age)(ep)
99.agglomerate (geology)aglomeratBatuan piroklastik dengan ukuran butir lebih besar dari 32 mm, bersudut atau setengah bersudut; pada dasarnya adalah breksi volkanik yang dijumpai di dalam atau dekat lubang kepundan.(ep)
100.aggradation (geology)agradasi1. Penambahan tinggi permukaan laut karena pengendapan sedimen akibat pengisian alamiah dari muara anak sungai pada tempat-tempat berarus lemah. 2. Penimbunan sedimen akibat pengisian alamiah dari muara anak sungai pada tempat yang arusnya lemah.(ep)

Sumber : lemigas.ESDM

Category: , , ,

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 comments