Tahun Ini Pertamina Boleh Masuk Ke Blok Mahakam

Unknown | 10:25 AM | 0 comments

Kilang Blok Mahakam
 ReporterEnergi- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said kembali menegaskan bahwa sampai saat ini masih belum ada pembagian saham kepemilikan Blok Mahakam. Dan pemerintah sudah memastikan 100 persen pengelola blok yang terletak di Kalimantan Timur itu jatuh ke tangan PT. Pertamina (Persero).

Untuk itu, Sudirman meminta Pertamina mengatur ingin berpartner dengan siapa saja dalam kepemilikan blok tersebut. "Belum ada pembagian apa-apa. Itu Pertamina yang bagi. Tidak ada aturan untuk Pemda. Biarkan Pertamina yang mengatur." tegas Sudirman Said sebelum memimpin pertemuan dengan para Duta besar negara sahabat di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (12/3).

Sudirman juga mengaku, ia tidak pernah bertemu dengan Gubernur Kaltim, Awang Farouk untuk membicarakan persoalan Mahakam. "Saya tidak pernah ketemu pak Awang. Saya tidak pernah ketemu Yudhistira," tegasnya.

Di tempat lain, Ketua Tim Pengendalian Kinerja Kementerian ESDM, Widiyawan Prawiraatmadja mengaku, tahun ini (2015) Pertamina sudah dapat memulai dan masuk ke blok Mahakam, hal tersebut guna mempelajari pengelolaan blok tersebut dari Total E&P Indonesie, selaku existing operator.

"Sekarang sedang disiapkan transisi peralihan operatorship. Pertamina sudah boleh masuk Mahakam tahun ini dan Total musti membantu Pertamina sampai masa hak pengelolaan Mahakam blok habis di akhir 2017 nanti," jelas Widiyawan.

Widiyawan mengaku Pertamina sekarang sudah mempersiapkan diri dengan masuk ke Total untuk belajar tentang operasional Mahakam. "Pertamina sekarang sudah tahu kontrak services mana saja yang habis di blok Mahakam, apa saja kontrak yang ada di Mahakam," ujarnya.
Sumber :  http://www.indopetronews.com/2015/03/tahun-ini-pertamina-boleh-masuk-ke-blok.html

Category: ,

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 comments